Strategi Nasional Indonesia

Forum Diskusi Strategi Nasional Indonesia

Tips buat Capres Pemilu 2009: Internet, Web 2.0 dan Viral Marketing menjadi penentu Kemenangan

Posted by sroestam pada 6 Maret 2008

Internet dan Web 2.0 diramalkan akan menjadi penentu kunci kemenangan Pemilu 2009. Telah banyak buktinya bahwa dengan cepatnya penyebaran informasi kepada masyarakat melalui teknologi Web 2.0 seperti Blog, Interactive Web (AJAX), Streaming Video YouTube, Slideshow Flickr bagaikan virus ganas yang menyebar cepat keseluruh penjuru dunia (Viral Marketing).

Barack Obama Kita saksikan bagaimana peringkat Kandidat CaPres AS Barrack Obama dapat naik tajam melalui music video yang inspirasional berjudul: “Yes We Can” yang mirip slogan kemenangan Bapak Presiden SBY: “Bersama Kita Bisa”, dimana Barrack Obama sebagai bintangnya dan lyrics yang diambil dari pidatonya di acara kampanye pembukaan di New Hampshire, USA. Kepopuleran streaming video kampanye melalui YouTube itu karena hal ini adalah yang pertama kali dilakukan untuk Kampanye CaPres AS (Teori marketing: Yang Pertama adalah yang akan menjadi Leader). Pembuatan Streaming Video ini bukan atas inisiatif pribadi Obama, melainkan inisiatif beberapa artis Hip-Hop yang menginginkan agar Obama menang dalam Pemilu 2008 di AS.

Partisipasi sosial masyarakat menggunakan media Internet dalam Kampanye CapRes AS 2008 merupakan contoh trends yang sedang berjalan saat ini. Bila dalam Kampanye CaPres 2004 di AS digunakan Kehadiran Web secara statis, maka dalam tahun 2008 dipakai Kehadiran Web 2.0 yang dinamis (Web 2.0 Presence), dimana selain info tentang CaPres yang statis, juga ada proses partisipasi social masyarakat melalui networking di Internet, Blogs, Situs Socio-Video, embedded Widgets dan lain-lain lagi yang mampu menjangkau jutaan pemirsa/voters dalam waktu sangat singkat!

Di AS saat ini mayoritas kandidat partai Demokrat maupun Republik sudah memiliki Blog di MySpace dan Facebook yang populer, untuk menjangkau jutaan pemilih dan berinteraksi dengan mereka.

Web 2.0 Viral marketing Strategy Barack Obama yang berhasil adalah sbb:

  1. Membuat Situs web my.BarackObama.com
  2. Mengisi konten Streaming Video “Yes We Cam” di Situs Web tersebut diatas.
  3. Menyarankan para pendukungnya membuat Blog di Facebook dan MySpace, dan mengisi dengan konten Streaming Video “Yes We Can” dari Obama agar dilihat masyarakat (Viral Marketing – jumlahnya meningkat secara exponensial).
  4. Melalui Situs my.BarackObama.com, dibangun Komunitas Blogs para pendukungnya.
  5. Mengisi Blogs para pendukungnya dengan berbagai aktivitas bersama, a.l. Pengumpulan Dana, saran, pendapat dan dukungan kepada kandidat CaPres, komunikasi antar pendukung, dsb.

Di Era Masyarakat Informasi ini, peran diskusi interaktif yang intelligent melalui Komunitas Blog para pendukung Barack Obama merupakan sebuah langkah yang strategis untuk mengisi pikiran (mind) para pendukungnya untuk lebih mantap lagi selaku calon voters dalam Pemilu AS tahun 2009. Kesimpulannya, melalui sarana dunia maya ini, Barack Obama akan menjadi pemenang dalam perebutan “pikiran” atau “mind” pemilih (voters) Amerika Serikat.

Dengan makin meningkatnya jumlah peng-akses Internet di Indonesia, terutama di kalangan Generasi Muda, maka peran Kampanye Viral Marketing Barack Obama dapat dijadikan contoh bagi para CaPres Pemilihan Presiden tahun 2009.

just in my ability to bring about real change in Washington…Semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Berikut ini adalah contoh dukungan kepada Capres Barack Obama melalui Komunitas Blog-nya sbb:

A peaceful world, a save and secure country, freedom of speech, freedom of expression, a world leader of democracy are the current dreams of the majority of the people of the United States of America that had been lost for many years. It is the time for all of us to elect a new Leader who is capable to make the change in our country and society to fulfil our long awaited dreams. We need a leader with a peaceful mind, having a clear understanding of the need of his people, willing to listen to his people, a man of integrity and strong determination to make the necessary change in the United States of America.Among the many US Presidential Candidates that we have seen and met so far, only Barack Obama is the most suitable one to become the next US President for the period of 2009-2014, who best met the leadership criteria stated above.Let us from now on we combine our mind, energy and resources to support the suuccessful election of Barack Obamae in the coming US Presidential election.
Together We Can, Yes We Can!
Let us cast our vote for Barack Obama!

Barack Obama: “I’M ASKING YOU TO BELIEVE..Not just the real change in Washington…. I’m asking you to believe in yours.”

Mas Barack, Abang dapat satu tambahan vote dari Indonesia!

Iklan

3 Tanggapan to “Tips buat Capres Pemilu 2009: Internet, Web 2.0 dan Viral Marketing menjadi penentu Kemenangan”

  1. Ismail Pramu Widya Bhakti said

    Dalam kesempatan ini bolehkah saya menanyakan beberapa hal ? Begini saya adalah lulusan teknik planologi/ perencanaan wilayah dan kota dari ITN Malang tahun 07. Saat ini berencana menggarap proyek Urban Heritage senilai 300 jtan dari Kimpraswil Pusat di Pangkalan Bun, Propinsi Kalteng bersama sekitar 5 anggota tim lainnya. ayah saya yg mantan Kapolwil Madiun tengah diusulkan menjadi Brigjen, dan mudah-mudahan kalo Alloh mengijinkan bisa menjadi Kapolda di suatu propinsi. Sementara Om saya mudah-mudahan tahun ini naik menjadi bintang tiga karena 3 th menjadi Aspers KASAL, dan satu lagi sedang mengurus kombesnya bulan ini, semoga jadi Direskrim Polda Metrojaya. Kakek dari Ayah Mantan Kapolsek di Kota Bandung sekitar tahun 1960-1970. dan sempat bertempur dalam keadaan selamat melawan sekompi PKI yang menyerbu markasnya dengan Tank. Lalu Kakek dari ibu adalah Mantan Asisten Inteljen Kodam Tanjungpura berpangkat Kolonel Kav dan menjabat Ketua DPRD Pontianak selama kurang lebih 10 th. Tambah satu lagi sodari sepupu sang Ayah juga tengah menjabat sebagai Sekjen Depdagri sejak beberapa tahun yang lalu.
    Permasalahan saya adalah insya allah saya akan mencalonkan diri menjadi Presiden RI periode 2009-2014 (Tolong semuanya dukung saya termasuk masalah biaya kampanyenya), apakah saya bisa menjadi calon independen? Bagaimana Prosesnya? Trus Kalo dari partai prosesnya juga gimana ?. Terima kasih. sebelumnya saya beritahu bahwa blog saya (ismail-bhakti.blogspot.com)yang berisi tulisan tentang pencalonan saya telah dihapus oleh orang tak dikenal, saya merasa kecewa sekali, tapi orang itu telah saya maafkan karena mungkin dia juga korban kepentingan. Tapi saya punya strategi jitu mengatasinya, saya buat 5 blog di berbagai tempat termasuk di friendster.

  2. Salut untuk the power of internet.
    Saya yakin internet marketing akan membawa peran yang sangat besar dalam political campaign for the next president.

    Robert G.
    PARTAI KONGRES IT

  3. ijrsh said

    Setuju dunia IT sangat cocok buat pemenangan Pemilu..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: